Fasilitas iPad Bikin Penumpang Betah di Bandara
Sewaktu melakukan perjalanan bisnisnya ke New York, Amerika Serikat, Joe Pullin asal Novi, Michigan, melakukan suatu hal yang menurutnya tidak pernah terpikir sebelumnya.
Biasanya ia langsung buru-buru meninggalkan pesawat dan mencari taksi untuk langsung menuju pusat kota Manhattan, kini ia malah berlama-lama di gerbang kedatangan di
Ia berhenti untuk makan siang di Bisoux, restoran khas makanan Prancis, dan menggunakan iPad yang tergantung di mejanya untuk memesan makanan, mengecek emailnya dan membayar tagihan makanannya secara elektronik.
"Saya sangat terkesan. Sepertinya hal ini menambah dimensi baru di bandara ini yang tidak pernah ada sebelumnya," kata Pullin, seorang pengunjung bandara yang sering melakukan perjalanan bisnis.
Sekitar 38.000 wisatawan melewati dua terminal maskapai Delta di La Guardia setiap harinya. Sehingga kondisi di mana para pengunjung senang menghabiskan lebih banyak waktu di terminal bandara menguntungkan Delta dan juga manajemen OTG, perusahaan restoran bandara yang memiliki dan mengoperasikan semua gerai makanan di terminal C dan D.
Dengan adanya puluhan restoran, kafe, food court, bar di terminal tersebut, angka penjualan per penumpang menjadi lebih tinggi dari berbagai bandara lain, kata Rick Blatstein, Direktur Eksekutif OTG. "Kami menjual [makanan] dengan kisaran $9, $10, dan $11," ujarnya.
Itu merupakan $3 sampai $5 lebih tinggi dari kisaran $5,80 yang biasanya dihabiskan oleh penumpang di berbagai bandara besar lainnya di Amerika.
Blatstein mengatakan pengeluaran para penumpang itu termasuk mengunjungi restoran baru yang memiliki chef lokal yang terkenal, gerai makan lainnya, tempat belanja yang tergabung di dalam terminal dan ruang tunggu yang difasilitasi perangkat iPad yang memberikan para wisatawan akses mudah untuk semuanya itu.
Jika ia malas berjalan, Pullin tinggal menggunakan layar iPadnya untuk memesan bahan bacaan dari kios buku terdekat untuk diantarkan ke restoran tempat ia makan.
"Kami ingin menciptakan suatu keinginan untuk berangkat ke bandara lebih awal, bukan untuk karena kebiasaan, tapi karena bayangan bisa menggunakan laptop, minum wine dan bisa santai sebelum penerbangan," kata Blatstein.
Delta pertama kali memasang iPad pada sejumlah gerbang di Bandara Kennedy, New York, pada November 2010. Respon para pengunjung sangat positif sehingga alat itu juga menjadi bagian dari rencana renovasi Bandara La Guardia.
New York memiliki dua bandara, yaitu John F. Kennedy yang melayani penerbangan domestik dan internasional, serta Bandara La Guardia yang hanya melayani penerbangan domestik.
Gail Grimmett, Wakil Presiden Delta, mengatakan saat penumpang sudah berada di pesawat, kursi-kursi ekonomi tetaplah kecil dengan kabin penumpang yang sesak.
Namun, Grimmet mengatakan pengalaman di bandara bisa memberikan situasi berbeda. Setelah merasa rileks dan kembali berenergi saat menghabiskan waktu di gerbang bandara, para penumpang di pesawat akan memiliki selera humor yang lebih baik.
"Akan terlambat bila penumpang merasakan [hiburan] saat mereka sudah berada di pesawat, apalagi jika mereka sudah terlanjur stres," katanya.
{ 0 komentar... read them below or add one }
Post a Comment